Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

12.21 Dini Khoirinnisa A 6 Comments Category :

ORGANISASI APAKAH YANG PALING BERKUASA DI SMANSA?”

Sebuah kasus yang sangat menarik dan beda dari tema2 yang di ambil untuk penelitian sosiologi.. (karena kelompok kami hanya membahas tentang dampak adanya pembantu rumah tangga terhadap kemandirian anak). Makalah ini mencoba mencari tahu, organisasi manakah yang paling berkuasa di SMANSA, apakah OSIS atau ROHIS?? Menurut interpretasi kami, mereka lebih focus pada kegiatan AKSI yang setiap tahunnya diadakan di SMANSA. Dari hasil angket, mereka menyimpulkan bahwa ROHIS lah yang paling berkuasa atas pelaksanaan AKSI. Tapi menurut mereka itu adalah kegiatan2 AKSI sebelum AKSI 30 SERENITY, karena pada AKSI 30 SERENITY, OSIS sudah menjadi lebih berkuasa… ??? Kami mungkin cukup paham dengan makna kekusaan yang dimaksudkan, tapi apakah tujuan adanya organisasi di sebuah sekolah SMA adalah untuk mencari kekuasaan??

Kami tidak menyalahkan sahabat2 kami yang mengambil tema ini dalam penelitian sosiologinya..tidak sama sekali.. Hanya saja hasil dari penelitian itu menghadirkan pertanyaan di benak kami, (yang pernah menjadi pengurus OSIS dan ROHIS). Memang apa dampak negatifnya, kalaupun memang benar ROHIS lebih berkuasa dari OSIS?? Kedua organisasi tersebut mempunyai program kerja masing2, tidak saling berlomba untuk mendapatkan kekuasaan.. bahkan secara garis organisasi, ROHIS berada di bawah OSIS (berada dalam pengawasan sekbid A)..

Hal lain yang juga menjadi pertanyaan adalah, mereka mengatakan bahwa 90% pengurus OSIS adalah juga pengurus ROHIS, sehingga dapat terlihat jelas bahwa ROHIS lebih berkuasa atau menguasai OSIS.. padahal jika dilihat dari kepengurusan OSIS tahun lalu saja jumlah pengurus OSIS yang juga menjadi pengurus ROHIS hanya +- 30 orang dari pengurus OSIS yang berjumlah 62 orang.. dari manakah angka 90% itu muncul? (kami bertanya tentang fakta atau data kuantitatif, bukan menyalahkan opini). Sekali lagi, kalaupun data 90% itu benar,, dimanakah letak kesalahannya?? Pengurus OSIS dipilih dengan 3 proses seleksi (tertulis, wawancara dan LDK), lalu apakah mungkin pendaftar yang akan diloloskan hanya akan dipilih dari orang2 yang menjadi pengurus ROHIS saja?? Tentu tidak…

Kami hanya tidak ingin, nama sebuah organisasi menjadi kurang baik karena asumsi2 yang masih bersifat subyektif. OSIS ataupun ROHIS atau organisasi apapun itu pasti mempunyai tujuan masing2, dan kita tahu bahwa organisasi di tingkat SMA masih akan menjadi sarana pembelajaran bersama. Karena itu, wajarlah jika masih muncul kekurangan ataupun kesalahan2 dalam pengelolaannya. Bukan langkah bijak nampaknya jika hanya mengatakan salah tanpa mengingatkan dan malah menebarkan asumsi2 negatif, karena sadar ataupun tidak,, kita juga adalah bagian dari organisasi itu… Lalu mengapa tidak sama2 kita saling mengingatkan untuk menjadi lebih baik??

(Yang benar datangnya hanya dari Sang Maha Mengetahui kebenaran, dan yang salah datangnya hanya dari hamba yang khilaf ini..)

Laa haula wa laa kuwwata illa billah…

RELATED POSTS

6 comments

  1. haduh haduh..

    kayaknya postingan ttg "organisasi manakah yg paling berkuasa d smansa?" akan ada lanjutannya nih..

    BalasHapus
  2. yah chie din,, yang kayak gini mah susah,, soalnya orang2 emang lebih suka menggeneralisasikan sesuatu,,

    btw,,data yang 90% pengurus osis itu pengurus rohis ngaco banget sih,,,dapet data darimana tuh? kalau 98% pengurus osis itu muslim baru bener (di tahun kepengurusan 06/07 tapi...)

    hehehe tapi mpknya sering dilupain ye ^^

    BalasHapus
  3. semua muslim dan muslimah anggota Rohis pan?

    kalo liat mayoritas smansa muslim, ya kalo pengurus MPOS mayoritasnya muslim, gak aneh kan?

    BalasHapus
  4. ye,,,kak eq ga nangkep,, kan ditulisnya 90% pengurus osis itu pengurus rohis,,bukan anggota rohis,,mknya bisa dibilang datanya ga valid

    BalasHapus
  5. yah.. iya nih..
    k eq ga nangkep..
    bukan anggota.
    tapi pengurus,,
    y ga enak aja kan kalo mereka nganggep data mereka yg ga valid itu bener,,
    coz mereka tuh jadi masih nganggep osis cm bwt rohis doank..

    BalasHapus
  6. eh..eh chan,,
    bukan maksudnya mpk dilupain,
    hehe

    tapi..
    mungkin jg c..
    kok yg ada cuma anti osis..
    bkn anti mpk..
    hhhehe..

    aaahh,,
    ud.. lupain aja kali ya..

    BalasHapus