Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Pra-UN Syndrome

23.43 Dini Khoirinnisa A 0 Comments Category :

Hmm..gak terasa hampir kurang lebih sebulan lagi kami siswa/I kelas XII SMA/MA sederajat akan melaksanakan Ujian Nasional!!! Hore…. Ujian yang menentukan lulus tidaknya kami..dan sekaligus pintu gerbang kami menuju dunia mahasiswa [walaupun nanti kami harus melewati SPMB lagi tentunya..]

Semenjak H-58 UN, sebenarnya sudah mulai banyak kejadian-kejadian serta tingkah aneh yang kami lakukan. Mungkin karena kita kebanyakan belajar kali ya.. Yang pertama, entah sejak kapan kelas XII IPS mulai senang main kartu UNO. Dengan pelopornya kelas IS1.. Wow,,tiada hari tanpa bermain kartu UNO..Bahkan saat makan siang pu, gak lupa bawa Uno..Sambil makan,sambil main.. Sampai-sampai kelas sebelah dijuluki kelas “Las Vegas”.. Yang main juga gak pandang bulu,,pokoknya semua warga kelas ikut berpartisipasi deh.. dan wabah pun menyebar ke kelas2 IA.. Semua main Uno.. Mungkin kalo diadain turnamen Uno antarkelas bakalan rame ya.. Uniknya, aturan main tiap kelas juga beda-beda.Kalo main di IS1 aturannya belum tentu kayak main di IS2. Berhubung kita di IS2, dan kelas kami agak tertinggal dalam peradaban main Uno ini, secara gak ada yang modal buat beli kartunya, akhirnya kita bisa main Uno juga setelah ketua kelas kita beli.. Pertama kali main, norak banget!! Terus harus selalu pegang “primbon UNO” alias buku petunjuk main UNO.. kalo ada yang agak2 meragukan pasti kita liat contekan dulu.. Sebelum UNO, sebenarnya scrabble duluan yang popular. Tpi berhubung alatnya mahal dan pemainnya terbatas akhirnya gak sepopuler UNO..
Kartu-kartu UNO yang beredar juga banyak tipenya.. Ada yang tipe Winnie the Pooh, Mickey Mouse sampe yang tipe aslinya Uno alias yang tak bergambar juga ada.. Dan anak-anak yang bawa kartu Uno juga gak Cuma satu lho..Kelas yang modal biasanya anak yang bawa kartu Uno bisa 3-4 orang lho.. Jadi kalo disita guru, masih banyak cadangannya.. Berhubung kelas kita Cuma satu orang yang bawa Uno, jadi musti waspada mainnya.. Hehe.. Maaf ya bapak dan ibu guru,, Kita main Cuma buat refreshing kok..

Kejadian yang seru dan gak mungkin dilupakan adalah saat TO matematika hari kamis, 13 Maret 2008, yang digelar jam 2 siang sepulang sekolah. Hari itu anak-anak udah pada prepare banget deh menghadapi TO, bahkan bela-belain bawa papan ujian segala. Sampe gak merhatiin pelajaran lain deh, pada sembunyi-sembunyi ngerjain soal-soal matematika. Gila kan semangat banget! Dan saat yang dinanti pun tiba.. Soal-soal dibagikan, dan anak-anak pun dengan sigap segera mengerjakan.. Tapi baru juga setengah jam ngerjain, hujan turun rintik-rintik, dan langit pun udah gelap banget. Tapi itu bukan masalah.. Kemudian mulai terdengar petir dan kilat terlihat menyambar-nyambar. Anak-anak mulai deh teriak-teriak heboh antara kaget dan kepusingan ngerjain soal. [Emang tu soal matematika kayaknya punya daya magis tersendiri. Hanya bisa dikerjakan dengan sangat baik antara jam 8-12 siang. Kalo udah sore gitu, adanya juga mabok..] Dan tak lama hujan sangat deras pun mengguyur bumi.. Anak-anak mulai gelisah ngerjain soalnya.. Dan tiba-tiba teman saya teriak,” Bapak, bocor nih!! Airnya tampias ke meja saya!” Alhasil seketika kelas jadi heboh. Teman-teman yang duduk di pinggir jendela berusaha mengantisipasi air-air tampias itu dengan menutup jendela, tapi gak berhasil karena jendelanya pake kaca nako, jadi susah ditutup.. Akhirnya, teman-teman saya menggunakan peta SIG [tugas geografi yang dengan susah payah kita kerjakan..Hiks] buat nutupin jendela. Karena gak berhasil juga, akhirnya pengawas memerintahkan kami buat menggeser meja!! Alhasil ramai lah kelas dengan kegiatan gese-menggeser itu. Dan akhirnya kita duduk sempit-sempitan, diiringi dengan hujan deras yang menggila dan petir yang menyambar-nyambar. Kita bagaikan try out di SD Inpres di desa tertinggal.. Untung lampu masih nyala.. Ya sudahlah, suasana try out-pun jadi gak kondusif lagi.. Yang ada anak-anak malah diskusi matematika bukan try out matematika. Udah tiba-tiba lampu dimatiin lagi.. Seketika semua menjerit seperti di rumah hantu!! Sisa waktu try out-pun diisi dengan celotehan-celotehan pengawas yang ditimpali sama anak-anak dan sesekali teriakan histeris karena kilat yang masih menyambar dan juga usaha penyelamatan LJK dari terpaan tampias air..Bandingkan dengan kelas-kelas IA yang sunyi senyap.. Begitu sudah selesai..Woo..anak-anak langsung pulang ke rumah masing-masing.. Gila, merasakan sensasi hujan saat TO.. Gimana ya UN kalo keadaan cuaca lagi kayak gitu?? Jadi kasihan sama teman-teman kita yang mesti UN di pedalaman..

Oya, ngomong-ngomong try out,, Kita jadi pada korban iklan gitu. Pada keranjingan beli paket Faber Castle yang dalam satu tempat pensil tersedia lengkap pensil 2B, penghapus sampai penggaris buat ngebuletin LJK.. Sampe-sampe temen gw pengen kerja di Faber Castle karena dia pikir Faber Castle gak akan pernah bangkrut kalo anak-anak sekolah masih ada. Sama kita jadi keranjingan buat berburu papan ujian. Tiap-tiap try out kita bisa ngeliat papan ujian yang beraneka ragam bahannya. Tapi obsesi anak-anak adalah membeli papan kaca.. Karena konon katanya papan kaca itu paling bagus buat alas ngebulet-buletin.. Ya kalo gak ketemu, pigura foto keluarga besar pun jadi.. Kapan lagi ujian disemangati orang tua langsung..dari foto… Terus berbagai macam rautan juga tersedia di kelas.. Dari yang model biasa sampe yang diputar-putar itu juga ada.. Penghapus juga dari yang paling mini sampe yang paling jumbo ada.. Pokoknya peralatan tempur kita sudah lengkap.. Tinggal otak sama badan aja nih yang perlu disiapkan buat UN..

Bulatan-bulatan di LJK juga memberi kesan tersendiri buat kita. Membuat kita mengidap “circle shock” dan juga “circle lag”. Pegel dan eneg banget ngeliatnya.. Apalagi kemarin kita habis pra-UN aduh mata jadi siwer juga musti ngebuletin lingkaran-lingkaran itu dengan ekstra hati-hati dan penuh kasih sayang. Kalo berantakan kan jawaban kita bisagak kebaca.. Belum lagi tiap menghadapi try out, pasti deh ada bulatan-bulatan itu. Baru ngebuletin nama aja, tangan kalo udah ditarik-tarik juga bisa bunyi.. Dahsyat deh, kekuatan bulatan itu.. Yang bikin sebel, pegel, eneg tapi mau gak mau bulatan itu kan jawaban kita.. Ya, ikhlas aja deh ngebuletinnya..

UN juga membuat anak-anak yang tadinya ogah baca buku jadi pada sering banget fotokopi dan belanja buku-buku rangkuman materi sama latihan soal.. Semua buku dilalap.. Toko buku pasti laku berat tuh menjelang UN gini.. Dan hal positif lainnya,, anak-anak jadi sering lho sholat duha di musholla.. Sekarang tiap istirahat, pasti musholla penuh.. Alhamdulillah.. Sering-sering berdoa itu mesti lho, biar kita selalu dimudahkan dan selalu diberi yang terbaik..

Sekarang H-31 UN..
Waktu kita di masa SMA juga hampir habis..
Yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah terus berusaha dan terus berdoa..
Minta maaf buat semua orang yang pernah kita sakiti..
Secara gak sengaja apalagi yang sengaja..
Jangan lupa.. Minta doa dari orang tua, guru, sahabat, teman, saudara dan semua yang kita kenal..

Semangat teman!!!
Semua buat masa depan kita!!

RELATED POSTS

0 comments