Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Advokasi DPD RI untuk Jawa Barat yang Lebih Sejahtera

19.11 Dini Khoirinnisa A 4 Comments Category : , , , , ,




Indonesia, sebuah negara kaya sumber daya alam dengan penduduk yang beragam. Ada yang miskin dan kaya, ada yang berkulit sawo matang dan hitam, ada yang Islam dan Kristen, Jawa dan Minang, dsb. Tapi tentu semua keragaman itu yang membuat kita bangga menjadi bagian dari sebuah surga dunia bernama Indonesia J.

Kompleksitas tinggi yang dimiliki Indonesia membuat pemerintah sebagai golongan yang bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat Indonesia juga harus menerapkan cara-cara strategis dalam rangka pemenuhan hak-hak penduduknya. Tentu hal ini tidak mudah mengingat betapa luasnya wilayah Indonesia dan akses geografis daerah pedalaman yang masih sulit untuk dijangkau.

Tak heran jika kemudian dalam struktur demokrasinya lahir beberapa pilar yang diharapkan mampu mengcover berbagai isu di daerah agar peran negara sebagai pensejahtera rakyatnya bisa lebih mudah dipenuhi. Salah satu pilar tersebut adalah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesa. Dalam menjalankan perannya, DPD dipayungi oleh tiga fungsi khusus yakni legislasi, pertimbangan, dan pengawasan. Namun, menurut saya, hakekat utamanya adalah untuk membuat daerah yang diwakilinya menjadi lebih baik dengan 3 pilar fungsi tersebut sebagai keran-keran pengucurnya. Misalnya, memperbaiki pembangunan fisik daerah melalui pemekaran daerah, memperbaiki kesejahteraan rakyat pribumi melalui pengaturan dan pengelolaan sumber daya alam, dll.

Saya sendiri merupakan seseorang yang lahir, besar, dan kini menetap di Jawa Barat. Sebuah provinsi seluas 3.710.061,32 Ha dan penduduk berjumlah 43.021826 (BPS Provinsi Jawa Barat, 2010). Saya memandang Jawa Barat sebagai daerah yang dikarunia kekayaan alam terutama pegunungan dan area persawahan yang indah, masyarakat yang ramah, dan sangat bertumpu pada harmoni kekeluargaan. Saya tidak pernah berhenti berdecak kagum pada keindahan daerah-daerah Jawa Barat dimanapun saya singgah. Selalu ada panorama indah, budaya, bahkan kuliner yang bisa selalu tersimpan dalam ingatan.
       
      Namun, sisi lain dari Jawa Barat juga sering kali merisaukan pikiran saya. Masalah-masalah seperti ketimpangan pembangunan, akses pendidikan dan kesehatan, gender, dan pencerdasan politik menjadi hal-hal yang masih harus dibenahi dari provinsi terbesar di Indonesia ini. Oleh karena itulah jika dalam perjalanan hidup, saya berkesempatan menjadi seorang anggota DPD-RI saya akan fokus pada pengadvokasian Jawa Barat di bidang-bidang yang saya sebutkan tadi terutama masalah ketimpangan pembangunan. Sebagian besar daerah Jawa Barat adalah daerah pedesaan. Fenomena yang sering kali terlihat adalah adanya globalisasi teknologi yang masuk dengan cepat terutama pada kaum pemuda namun globalisasi di bidang lain misalnya pemerataan sarana fisik serta gaung demokrasi yang justru seakan hilang. Di desa-desa di Jawa Barat saya temui para pemuda yang rela melakukan berbagai cara demi memiliki handphone dengan fitur terbaru atau sepeda motor untuk bisa bergaul bersama teman-temannya, namun justru tidak peduli jika fasilitas publik di daerahnya masih sangat terbatas atau berlaku apatis ketika pemimpin lokal di daerah mereka melakukan tindakan-tindakan yang merugikan daerahnya.

Pemerataan pembangunan menurut saya bisa menjadi salah satu cara efektif dalam menyelesaikan masalah Jawa Barat lainnya, misalnya pendidikan dan kesehatan. Melalui sarana yang lebih terjangkau terutama dari sisi geografis, kualitas pendidikan dan kesehatan tentu bisa lebih diperbaiki. Pembangunan juga akan membuat para pemuda bersemangat untuk menetap di desa dan mengembangkan daerahnya.

Semoga saja, harapan ini tidak sekedar menjadi cita-cita dalam tulisan semata. Saya yakin, dengan pemuda-pemudi terbaik yang dimiliki Jawa Barat saat ini, bisa membuat provinsi ini sebagai salah satu pilar pembangunan terbaik di Indonesia pada masa mendatang.


- Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog dan Twit "Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI -

Referensi:

Sumber Gambar:

RELATED POSTS

4 comments

  1. semakin daerah sejahtera maju,semakin maju negara kita...

    BalasHapus
  2. @Don Komo

    sip pastinya, daerah maju maka kota jg akan lbih ringan bebannya, slma ini mslah2 di urban bnyak trpngaruh krna daerah yg mmg blm bs mwjudkan mimpi2 indah masyarakatnya..

    BalasHapus
  3. Jadi inget kata pak anies baswedan: tugas moral para terdidik adalah mendidik.

    Mendidik berarti membangun generasi. Dan daerah, adalah ladang yang sangat besar utk memulai pembangunan ini. Semoga kita para terdidik bisa "membangun" daerah dgn ilmu dan cara masing2 :)
    Juga, semoga dgn adanya advokasi DPD, pembangunan daerah semakin maju dan kesejahteraan masyarakatnya pun diperhatikan dgn baik.

    Nice post, Din! :D

    BalasHapus
  4. kamu cocok deh jadi anggota dprd

    tetap semangat!

    :)

    BalasHapus