Harmony Clean Flat Responsive WordPress Blog Theme

Tips Saat Membeli dan Memilih kain

16.23 Dini Khoirinnisa A 2 Comments Category :

Haloo Assalamualaikum


Ini tulisan terbaru saya untuk website www.jeevastore.com
Ingin rasanya dipost di blog pribadi juga supaya (mungkin) lebih banyak yang membaca hehe

Semoga bermanfaat! :)




Berbelanja kain saat ini nampaknya tidak lagi hanya dilakukan oleh para pengusaha fashion atau garmen namun juga menjadi tren baru bagi masyarakat khususnya kaum perempuan. Bergeliatnya industri kain akhir-akhir ini nampak jelas di pusat-pusat penjualan kain di Indonesia yang terlihat tak pernah sepi pengunjung seperti di Pusat Grosir Tanah Abang, Thamrin City, Pasar Mayestik, Pasar Cipadu, dll.
Masyarakat umum saat ini senang membeli dan memilih sendiri kainnya, baik untuk seragam pernikahan, acara keluarga, wisuda, seragam event kantor, bahkan hanya sekedar untuk dipakai sendiri dalam kegiatan sehari-hari demi bisa mendapatkan kain yang sesuai dengan yang diinginkan. Namun ternyata memilih kain tidak selalu mudah bagi orang yang jarang berbelanja kain atau bagi pebisnis fashion pemula. Mulai dari banyaknya pilihan toko yang membuat bingung harus berbelanja dimana, bervariasinya jenis kain (ada yg asli dan KW/grade yang lebih rendah), dan kurangnya pengetahuan soal jenis, kualitas, atau harga kain.
Berikut 7 tips penting bagi sahabat muslimah yang sedang berencana membeli kain, baik untuk dipakai sendiri maupun ketika ingin memulai bisnis fashion:
  1. Tentukan model pakaian sebelum membeli kain
Hal ini penting agar kita bisa mengetahui kebutuhan kain baik jenisnya dan jumlah banyaknya. Untuk inspirasi model pakaian saat ini bisa sangat mudah ditemukan baik di majalah, social media, internet, atau sekedar melihat model pakaian yang sedang tren di pusat-pusat perbelanjaan. Dari inspirasi yang didapatkan, bisa dimodifikasi modelnya sesuai dengan yang diinginkan. Setelah tahu model apa yang diinginkan namun tidak tahu jenis kain apa yang sebaiknya digunakan dan berapa banyak kain yang dibutuhkan, sahabat muslimah bisa berkonsultasi dulu ke penjahit yang nantinya akan menjahit pakaian tersebut. Sebagai gambaran, jenis kain yang sedang marak digunakan untuk pakaian perempuan saat ini adalah kain wolfis, balloteli, roberto cavalli, chiffon, katun lokal, katun jepang, woll, torino, crepe, kelly, polyester, linen, dan jersey. Sedangkan untuk kebutuhan kain, standarnya blouse dan rok menggunakan masing-masing 1,5-2meter sedangkan dress 2,5-4 meter kain. Kain sendiri umumnya terdiri dari 2 ukuran, berlebar besar (lebar 1.5m) dan lebar kecil (1.15m). Untuk blouse dan dress akan lebih hemat kain jika membeli yang berlebar besar, namun untuk rok justru lebih hemat jika menggunakan kain yang lebarnya kecil. Jangan lupa tanyakan lebar kain ini kepada penjual di toko saat sahabat muslimah membeli kain.
2. Jika harus menggunakan kain kombinasi, pastikan kombinasinya tepat
Beberapa model pakaian akan terlihat lebih cantik jika menggunakan kombinasi. Misalnya mengkombinasikan kain batik sutra dengan kain polyester atau kombinasi chiffon dengan jersey. Namun tidak semua kain cocok dikombinasikan salah satunya karena memiliki tekstur yang jauh berbeda. Tekstur yang jauh berbeda akan menyulitkan penjahit saat menjahit pakaian. Beberapa contoh kain yang kurang cocok dikombinasikan misalnya kain chiffon dengan kain batik, atau katun jepang yang rata-rata bermotif dikombinasikan dengan brukat. Untuk mengetahui hal ini sebenarnya cukup dengan menggunakan common sense atau perasaan saja, apakah saat dipadukan bersamaan terlihat dan terasa cocok selain tentunya berkonsultasi dengan penjahit langganan sahabat muslimah.
3. Jangan lupa pula membeli pelengkap yang dibutuhkan
Saat mengolah kain menjadi pakaian, seringkali ada perlengkapan atau asesoris tambahan yang dibutuhkan misalnya kain furing, kancing, renda, dll. Selain agar kita bisa memilih sendiri asesoris sesuai dengan selera sahabat muslimah, membeli asesoris bersamaan dengan saat membeli kain memudahkan kita untuk mencocok-cocokan antara kain dengan asesorisnya dan juga bisa berkonsultasi langsung dengan penjaga toko apabila sahabat muslimah bingung dalam memilih asesoris yang cocok.
4. Periksa kualitas grade kain
Bagi sahabat muslimah yang sudah sering berbelanja di toko kain mungkin mengetahui bahwa banyak sekali variasi kain dari berbagai toko.  Sering kali 1 jenis kain yang namanya sama namun memiliki harga yang berbeda. Jika memang sahabat muslimah ingin menghemat dengan membeli kain yang kualitas gradenya lebih rendah tak masalah, namun jangan sampai membeli kain dengan harga yang mahal padahal kain tersebut gradenya rendah. Periksa dulu di minimal 2 atau 3 toko kain yang berbeda untuk memastikan bahwa kita mendapatkan kain dengan harga yang sesuai.
5. Berbelanja lah di toko yang besar/lengkap
Hal ini penting terutama jika sahabat muslimah berencana untuk membeli kain yang sama di waktu yang akan datang. Dengan berbelanja di toko yang menjual kainnya secara lengkap (misal variasi warnanya) akan memudahkan sahabat muslimah membeli kain yang sama ketika berbelanja 1 atau 2 bulan kemudian. Sahabat muslimah juga bisa mendapat diskon langganan jika kembali berbelanja di toko tersebut. Jangan mudah tergiur dengan pedagang-pedagang kain di pinggiran toko/yang tidak memiliki lapak tetap yang bisa menjual kain serupa dengan harga yang lebih murah, kecuali bila sahabat muslimah memang hanya memerlukan kain tersebut saat itu saja.
6. Perhatikan saat kain digunting apakah ada lubang, noda, serat kain yang rusak, dll
Hal ini penting untuk diperhatikan terutama jika sahabat muslimah membeli kain dalam jumlah yang sedikit dan pas (tidak dilebihkan beberapa cm atau meter) karena jika sedikit saja terdapat lubang-lubang atau noda yang tidak bisa hilang pada kain, maka bisa jadi sahabat muslimah tidak bisa membuat pakaian sesuai dengan model yang diinginkan karena harus membuang kain yang terdapat noda/lubang tersebut. Noda atau lubang-lubang kecil biasanya berasal dari proses produksi kain saat di pabrik yang sulit untuk dihindarkan.
7. Mintalah bon/kartu nama dan katalog kain
Bon selain berfungsi sebagai tanda pembayaran juga memudahkan kita untuk mencari kembali toko tersebut saat ingin belanja lagi di waktu berikutnya karena dalam bon terdapat nama dan nomor toko. Hal ini penting karena sering kali saat kita sudah terlalu lelah berkeliling pasar membuat kita lupa dimana posisi toko tersebut. Selain itu, beberapa toko yang besar juga biasanya memiliki booklet atau katalog kain yang bisa dibawa pulang oleh customer. Mintalah katalog kain jika merasa ingin kembali menggunakan kain jenis tersebut di waktu yang akan datang.

Demikian 7 tips penting saat berbelanja kain. Semoga bermanfaat bagi sahabat muslimah yang dalam waktu dekat ingin berbelanja kain. Silakan artikel ini dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan dengan disertai sumber dari www.jeevastore.com. Untuk sahabat muslimah yang sedang mencari pakaian muslimah yang trendi namun tetap syar’i dengan terjangkau, silakan kunjungi www.jeevastore.com

RELATED POSTS

2 comments

  1. Silakan :) tapi mohon mencantumkan sumber www.jeevastore.com ya :)

    BalasHapus